Plus Minus Investasi Emas, Selainnya Keunggulan Lihat Juga Kekurangannya
freepik.com

Plus Minus Investasi Emas, Selainnya Keunggulan Lihat Juga Kekurangannya

Ada wabah makin memperlihatkan jika kita ada di zaman serba ketidakjelasan. Ditambah lagi di bagian keuangan atau keuangan. Itu penyebabnya investasi penting untuk Anda yang mempunyai pendapatan rutin atau keunggulan pada pendapatan. Investasi menjadi pegangan bila Anda hadapi keadaan yang tidak pernah terpikirkan awalnya.

Investasi sendiri mempunyai beragam tipe atau media yang bisa diinvestasikan, diantaranya saham, emas, reksadana, property, dan lain-lain. Dari jumlahnya tipe investasi, emas dipercayai jadi investasi yang paling aman dan rendah resiko. Ditambahkan lagi, investasi emas dikenali aman dari pergerakan inflasi.

Macam Investasi Emas
Adapun wujud investasi emas terbagi dalam banyak tipe. Dikutip dari situs Usaha.com, berikut contoh tipe investasi emas:

Emas batangan
Lokasi yang populer untuk beli emas batangan ialah PT Antam. Proses keamanan emas di PT Antam terjaga karena ada sertifikat sah atas emas yang dibeli. Dianjurkan beli emas saat harga sedang turun supaya keuntungan yang didapatkan makin besar.
Untuk menangani penyimpanan itu, telah banyak service yang memberi jasa penyimpanan emas.

Coin emas
Sekarang ini, salah satunya tipe emas yang lumayan disukai untuk investasi adalah coin emas dinar. Adapun dinar sendiri dahulunya memang digunakan sebagai alat ganti mengganti semestinya uang secara umum. Namun, sekarang ini dinar seringkali dipakai untuk investasi.

Perhiasan emas
Selainnya sebagai asset investasi, emas dapat digunakan sebagai perhiasan. Tetapi, walau perhiasan emas bisa menjadi asset investasi, keuntungannya tidak sesuai dengan menginvestasikan emas batangan. Dikutip dari Bareksa, situs sah Reksadana, Anda akan ditanggung oleh ongkos pembikinan perhiasan. Toko perhiasan emas tidak cuma hitung nilai emas, tetapi kesukaran pembikinannya juga. Makin sulit wujud perhiasan, maka semakin tinggi biaya pembikinannya.

ETF Emas dan Reksadana
ETF emas atau bursa emas dan reksadana ialah account yang bisa beli emas bernama investor. ETF dan reksa dana tidak membebankan investor dengan ongkos pemilikan fisik (ongkos keamanan atau asuransi emas).

Kekurangan Investasi Emas
Walau begitu, investasi emas mempunyai kekurangan. Adapun kekurangannya yakni:

Resiko kehilangan emas
Anda memerlukan lokasi yang aman untuk simpan emas. Ada resiko kehilangan yang besar jika tidak ada tempat yag pas. Tetapi, sama seperti yang sudah diterangkan awalnya, ada service yang membuat emas Anda mempunyai area untuk menyimpan yang bagus.

Keuntungan yang relatif lama
Harga emas memang bertambah konstan tiap tahunnya. Namun, Nilai harga yang konstan itu membuat keuntungan yang didapatkan tidak demikian besar. Bila investasi ingin mendapatkan keuntungan besar, perlu menanti sekian tahun, baiknya 5-10 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.