Pasar Masih Volatil, Reksa Dana Kombinasi Jadi Opsi Janjikan
freepik.com

Pasar Masih Volatil, Reksa Dana Kombinasi Jadi Opsi Janjikan

Reksa dana kombinasi menjadi pilihan untuk beberapa investor untuk menyimpan dananya di tengah-tengah ketidakjelasan pasar yang masih lumayan tinggi.

Direktur Khusus Pinnacle Persada Investama Guntur Putra menjelaskan di tengah-tengah sentimen tekanan geopolitik yang tinggi, reksa dana kombinasi menjadi opsi menarik untuk investor. Dia menerangkan, daya magnet produk ini datang dari peruntukan asset reksa dana kombinasi yang vital, aktif, dan taktis. Biasanya, produk reksa dana kombinasi bisa sesuaikan peruntukan asset dengan maksimal saat pasar tengah volatil.

“Bila manager investasi dapat mengaplikasikan peruntukan asset yang vital, reksa dana kombinasi akan menarik untuk investor,” ucapnya saat dikontak, Selasa (8/3/2022). Disamping itu, reksa dana berbasiskan saham yang protektif dan reksa dana pasar uang bisa menjadi opsi investor. Dia menjelaskan, bila tekanan geopolitik bertambah, karena itu banyak investor akan cari asset safe haven yang mempunyai tingkat korelasi rendah dengan pasar, dan mungkin memperoleh performa yang maksimal di tengah-tengah memburuknya pasar.

“Pada saat semacam ini, likuiditas bisa menjadi factor yang penting, dan dari reksa dana pasar uang, investor dapat memperoleh likuiditas dan imbal hasil yang relatif masih baik dan konstan,” ucapnya. Dalam pada itu, Head of Pasar Research Infovesta Khusus Wawan Hendrayana mengatakan, dengan keadaan penuh ketidakjelasan, investor dengan horizon investasi periode menengah bisa membagikan dananya sejumlah 40 % ke obligasi, 40 % ke saham, dan 20 % yang lain ke pasar uang. “Untuk periode pendek di bawah satu tahun lebih bagus konsentrasi pasar uang, dan untuk periode panjang dapat perbesar jatah saham sampai 50 %, selanjutnya 30 % di penghasilan rutin, dan 20 % di pasar uang,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.