Menjelang Valentine, Baca Jalinan di antara Cinta dan Investasi
freepik.com

Menjelang Valentine, Baca Jalinan di antara Cinta dan Investasi

Hari Valentine yang jatuh pada 14 Februari tiap tahun menjadi peristiwa untuk memperlihatkan berapa besar cinta pada diri kita. Walau tidak ada romantis, tetapi bentuk cinta ini akan perkuat keamanan keuangan dan fondasi jalinan bersama orang tercinta supaya bisa nikmati hidup yang sejahtera.

Investment Spesialis PT Manulife Asset Management Indonesia Dimas Ardhinugraha menjelaskan, ada beragam langkah untuk capai arah keuangan. Untuk yang bujang, Anda dapat tuliskan arah keuangan periode pendek dan periode panjang. Misalkan beli motor baru atau beli rumah, selanjutnya lekatkan di tembok yang kerap disaksikan.

“Untuk yang telah memiliki keluarga, Anda dapat mengulasnya bersama pasangan sekalian duduk rileks setelah makan malam bersama,” terang ia dalam info tercatat, Minggu (13/2/2022).

Rencana keuangan sebagai poin utama dalam berumah-tangga yang bisa berpengaruh pada kesejahteraan masa datang keluarga. Maka dari itu diskusikanlah dengan pasangan Anda arah dan fokus keuangan keluarga.

Sesudah Anda tentukan arah keuangan, cara setelah itu membuat loyalitas pengeluaran, terhitung yang hendak teratur disisihkan untuk diinvestasikan. Tanpa loyalitas dan cara riil, semua cuman bisa menjadi mimpi yang tidak diwujudkan.

Investasi bukanlah hal yang mengerikan . Maka, tidak boleh anti-pati. Kebalikannya, investasi harus didalami agar uang kerja hasil keras kita ikut-ikutan bekerja. Sebagai langkah pertama, silahkan tentukan fasilitas investasi yang telah Anda ketahui dan membuat Anda nyaman.

Selanjutnya, dengan bertahap mulai dalami produk investasi yang lain yang gampang dipahami dan dapat dijangkau, dimulai dari investasi reksa dana lalu lanjut ke produk investasi lain sampai investasi saham.

Reksa dana sebagai produk pasar modal yang diatur oleh perusahaan manager investasi dan dipantau oleh Kewenangan Jasa Keuangan (OJK). Di reksa dana, Anda mulai bisa melakukan investasi dengan dana minimum Rp 10 ribu.

Ada bermacam opsi produk, baik reksa dana konservatif atau reksa dana syariah, reksa dana yang melakukan investasi di bursa dalam negeri atau luar negeri, reksa dana dalam denominasi Rupiah atau US Dollar. Tingkat resiko produk reksa dana bermacam, dimulai dari tingkat resiko yang rendah seperti reksa dana pasar uang, sampai resiko yang relatif tinggi seperti reksa dana saham.

Dengan macam alternative produk reksa dana, Anda dapat memakainya untuk beragam arah keuangan yang berbeda, seperti penuhi ongkos berlibur, beli motor baru, rumah, pendanaan pernikahan, kelahiran anak, atau penyiapan pensiun, hingga penyeleksian produk tinggal disamakan dengan arah, profile resiko dan periode waktu investasi Anda.

Sebagai deskripsi, reksa dana pasar uang Manulife Dana Kas II (MDK II) mencatat performa bersejarah 2,87 % dalam satu tahun paling akhir sampai 31 Januari 2022 (YTD 31 Januari 2022). Pada masa yang serupa, reksa dana penghasilan rutin Manulife Obligasi Favorit (MOU) mempunyai performa 5,45 %, dan reksa dana saham Manulife Saham Unggulan (MSA) memberi performa sejumlah 23,44 %.

Cinta perlu pembuktian

Tidak bisa disangkal, jika penekanan keuangan bisa memengaruhi kelanggengan jalinan dengan pasangan. Maka dari itu, tunjukkan loyalitas cinta Anda dengan pandai mengurus keuangan dan merealisasikan mimpi bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.