Tidak boleh Berani Investasi Bila Belum Penuhi Hal Ini
freepik.com

Tidak boleh Berani Investasi Bila Belum Penuhi Hal Ini

Certified Financial Planner (CFP) Annisa Steviani menjelaskan ada banyak hal yang perlu disanggupi saat sebelum seorang memilih untuk melakukan investasi. Selainnya mempunyai pendapatan, Anda harus juga penuhi persyaratan lain supaya investasi berjalan mulus. Sayang, ada banyak yang menduga jika investasi sebagai jalan untuk menambahkan beberapa pundi pendapatan. Walau sebenarnya, jalan untuk menambahkan pendapatan ialah tidak lain dengan bekerja. “Sebetulnya investasi itu bukan langkah untuk menambahkan uang kamu . Maka jika dalam financial rencana, langkah untuk menambahkan pendapatan dengan bekerja, tidak dengan investasi,” kata Annisa lewat upload video Instagram sah Musuh Covid-19 seperti diambil, Jumat (17/9/2021).

Untuk terwujud hal yang diharapkan, Annisa mengibaratkan investasi cuma untuk kendaraan untuk capai arah.

Arah yang diartikan, diantaranya investasi untuk dana pengajaran anak, investasi untuk dana pensiun, atau investasi untuk beli rumah. “Jadi bukan investasi untuk menambahkan uang,” terangnya. Annisa juga membandingkan investasi dengan trading. Masalahnya beberapa orang yang menyamai ke-2  hal itu.

Walau sebenarnya, katanya, trading sebagai proses untuk menambahkan uang dan bukan terhitung melakukan investasi. “Jika prosesnya menambahkan uang, misalkan trading, itu bukan investasi. Tapi memang kamu menyisihkan waktu atau fulltime untuk trading, untuk menambahkan uang. Itu sebetulnya kamu kerja , bukan investasi,” terangnya. Bila Anda berminat untuk melakukan investasi, Annisa memberi empat langkah saat sebelum mengawali melakukan investasi dalam ranah financial rencana atau rencana keuangan. 1. Kontan Flow Aman Aliran kas atau neraca keuangan sebagai hal pertama kali yang harus Anda lihat. Dalam financial rencana, neraca keuangan Anda harus aman dan pendapatan harus semakin besar dibanding pengeluaran. “Jadi harus ada selisihnya. Uang yang dapat kamu tabung ialah tersisa di antara pendapatan atau pengeluaran,” sebut Annisa. Bila Anda menabung pada awal tanpa tahu pendapatan Anda cukup atau mungkin tidak, maka berpengaruh di bulan akhir, di mana Anda memakai tabungan untuk memenuhi keperluan. 2. Dana Genting Seterusnya, yakinkan Anda mempunyai dana genting. Annisa mengatakan jika tiap orang tentu selalu berjumpa dengan keadaan genting, berikut yang perlu Anda cermati. “Jika tidak punyai uang genting ingin gunakan apa, ujungnya kita ngutang. Karena itu penting sekali dana genting,” paparnya. 3. Perlindungan Ke-3  ialah mempunyai perlindungan atau asuransi, satu diantaranya BPJS. Yakinkan BPJS yang Anda punyai harus dibayarkan dengan teratur, supaya saat Anda harus dibawa ke rumah sakit, tabungan yang Anda punyai tidak kepakai. Disamping itu, juga penting untuk wanita yang tidak bekerja dan cuman memercayakan suami untuk bekerja. Annisa menjelaskan jika harus mempunyai gagasan kerja atau asuransi jiwa saat sebelum mengawali melakukan investasi. 4. Investasi Bila ke-3  persyaratan di atas telah tercukupi, karena itu telah waktunya Anda melakukan investasi. Tetapi, jangan sekalipun Anda melakukan investasi bila salah satunya persyaratan di atas tidak tercukupi, karena bisa jadi investasi yang Anda kerjakan justru dipakai di masa datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.